Apakah Koin Dirham Bisa Jadi Pilihan Investasi Masa Kini?

Dirham Emas Instrumen Investasi Investasi Investasi Emas Investasi Koin Dirham Koin DirhamLeave a Comment on Apakah Koin Dirham Bisa Jadi Pilihan Investasi Masa Kini?

Apakah Koin Dirham Bisa Jadi Pilihan Investasi Masa Kini?

Instrumen investasi ada berbagai macam, salah satunya koin Dirham. Nah… apakah sebelumnya Anda sudah tahu?

Agar Anda untung, kenali dahulu serba serbi koin yang satu ini. Mari simak ulasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Mengenal Investasi 

Mengapa jadi perak? Dewasa ini, variasi investasi semakin banyak. Salah satunya yang akan kita bahas hari ini adalah investasi logam mulia. Ketika mendengar logam mulia tentu Anda langsung teringat kepada emas. Emas atau logam mulia menjadi salah satu alternatif investasi yang sangat digemari, karena emas memiliki beberapa kelebihan umum.

Misalnya saja likuid dan tidak mudah tergerus inflasi dengan harga yang cenderung stabil. Karena berbagai kelebihan inilah, sebagian besar orang masih meyakini bahwa satu-satunya logam mulia yang dapat dijadikan pilihan investasi hanyalah emas.

Para Karyawan, Sudah Tahu Untung Ruginya Invest Koin Emas dan Dinar 1 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Membeli Emas untuk Investasi, Agar Anda Tidak Rugi]

 

Padahal kenyataannya masih banyak logam mulia lainnya, misalnya saja perak. Perak merupakan unsur logam dengan nomor atom 47. Simbolnya adalah Ag, dari bahasa Latin ArgentumPerak memang tidak sepopuler emas, namun sangat dibutuhkan dalam industri, jauh lebih banyak dibandingkan emas.

Dengan demikian, logam yang satu ini juga pantas dipertimbangkan sebagai instrument investasi. Adapun beberapa ciri perak sebagai instrument investasi adalah sebagai berikut:

  • Karena jumlahnya yang cukup melimpah, tidak mengalami kelangkaan layaknya emas. Dengan demikian, alih-alih digunakan sebagai perhiasan, perak kerap dimanfaatkan untuk kebutuhkan industri.

Para Karyawan, Sudah Tahu Untung Ruginya Invest Koin Emas dan Dinar 10 - Finansialku

[Baca Juga: Dibalik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

  • Serupa dengan emas, harga perak sensitif terhadap naik turunnya permintaan industri yang membutuhkan perak.
  • Berbeda dengan emas, perak umumnya lebih cepat naik turunnya, sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan dalam jangka lebih pendek selama menggunakan strategi investasi yang tepat.

Dalam investasi perak juga dikenal istilah koin dirham. Tahukah Anda apa artinya? Mengikuti standar dari World Islamic Mint, serta merujuk pada ketetapan pada zaman kekhalifahan Umar bin Khattab, dirham adalah koin perak murni seberat 2,975 gram.

Para Karyawan, Sudah Tahu Untung Ruginya Invest Koin Emas dan Dinar 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana: Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya ?]

 

Sementara itu, merujuk pada ketentuan Open Mithqal Standard (OMS), dirham merupakan koin dengan kadar perak murni dengan berat 1/10 troy ounce. Di Indonesia sendiri, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memproduksi koin dirham Ag dengan kemurnian Ag 99,95% dan berat 2,975 gram.

 

Mengapa Koin Dirham?

Banyak orang yang mempertanyakan investasi dalam bentuk koin dirham. Apakah bisa? Tentu bisa, mengingat koin dirham terbuat dari logam mulia yang memang merupakan salah satu bentuk investasi. Melansir dari situs logam mulia Antam, dinar dan dirham memang bisa untuk investasi. 

Berikut beberapa karakteristik koin dirham yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya menjadi instrument investasi:

  • Dinar bersifat liquid untuk dijual, tetapi hanya kepada penggunanya saja atau komunitas yang memakai instrumen Jika dinar diperjualbelikan di toko emas, umumnya hanya dihitung harga bahan bakunya saja, padahal pembuatan dinar memiliki ongkos produksi.
  • Dinar dikategorikan sebagai perhiasan oleh Pemerintah Keputusan Menteri Keuangan NOMOR 83/KMK.03/2002, sehingga dikenakan PPn (pajak pertambahan nilai) yang besarnya 10%, sementara emas batangan malah tidak dikenakan PPn.
  • Biaya cetak atau ongkos produksi berkisar 3 – 5% dari harga jual.

Mau Untung Dari Investasi empat

[Baca Juga: Ayo Terus Untung Dengan Investasi Emas Pegadaian!]

 

Apakah kini Anda sudah siap untuk investasi? Melihat artikel di atas, maka kini Anda tahu bahwa koin dirham dapat menjadi pilihan instrumen investasi Anda. Anda juga sudah memahami untung rugi berinvestasi koin dirham.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar artikel ini maupun mengenai keuangan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda. Jangan biarkan informasi yang baru saja Anda baca terhenti pada Anda saja, karena bagi Anda dipersilakan untuk berbagi artikel ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tri Aditya Respati. 7Juli 2010. Apa Dinar Emas dan Dirham Perak itu?. Odnv – https://bit.ly/2Xy1FCh
  • Yazid Muamar. 30 Oktober 2019. Apa Itu Dinar atau Dirham, Bisa Jadi Instrumen Investasikah?. CnbcIndonesia.com – https://bit.ly/2XzIoQQ
  • Admin. 31 Mei 2017. Emas atau Perak, Manakah yang Menguntungkan sebagai Pilihan Investasi?. Cermati.com – https://bit.ly/3a7h1QX

Sumber Gambar:

  • Dirham – https://bit.ly/2V4ACNg

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top