Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Robo Advisor?

Investasi Robo Advisor RumahLeave a Comment on Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Robo Advisor?

Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Robo Advisor?

Mari simak penjelasan kami mengenai kelebihan robo advisor, hal seputar dunia investasi yang satu ini. Seperti apa Selengkapnya?

Hanya di Finansialku.

 

Robo Advisor

Robo Advisor 1. Intelligenthq.com – https://bit.ly/3Bp5prl

Seringkali investor, khususnya investor pemula kesulitan dalam mengelola portofolio investasi dan memilih produk investasi. Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan teknologi, kini ada fitur robo advisor yang membantu para investor.

Apa itu robo advisor? Ini merupakan platform digital yang membantu mengelola berbagai jenis layanan keuangan serta pengaturan rencana keuangan.

Robo advisor ada yang dengan sedikit bantuan sumber daya manusia dan juga ada yang sama sekali tanpa bantuan sumber daya manusia. Robo advisor ini diciptakan melalui teknologi pemrograman algoritma yang canggih.

Teknologi tersebut dapat memberikan saran solusi personal untuk mencari program yang terbaik berdasarkan data yang dimasukkan oleh platform investasi serta keterangan dari nasabah itu sendiri.

Jadi, robo advisor berfungsi untuk membantu merancang portofolio investasi yang optimal secara otomatis. Rancangan portofolio tersebut diberdasarkan umur, profil risiko, serta tujuan keuangan.

Dengan kecanggihan ini tersebut, maka investor tidak perlu konsultasi dengan perencana keuangan.

Oh ya Sobat Finansialku, selain dari membaca artikel ini, Anda juga dapat belajar dari mendengarkan. Silakan dengar audiobook berikut ini, yang tentunya Anda tidak akan rugi bila mendengarnya.

banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

 

Sistem Kerja 

Pada dasarnya, robo advisor membantu untuk membentuk, membuat, melengkapi serta memperbaiki portofolio investasi secara online.

Berikut 3 sistem kerjanya.

 

#1 Auto Risk Profiling

Nasabah perlu menjawab pertanyaan atau survei pada platform investasi digital yang Anda pilih.

Tujuannya agar Anda bisa menentukan profil risiko Anda dengan algoritma dan tidak biasa. Baca juga artikel terekait berikut ini, Pengertian Diversifikasi Portofolio Saham Beserta Cara Menerapkannya

#2 Auto Financial Plan

Selanjutnya, robo advisor akan memberikan alokasi portofolio investasi yang paling sesuai dengan jawaban survei Anda.

 

#3 Auto Rebalancing

Auto rebalancing bertujuan untuk menjaga agar alokasi portofolio Anda tetap optimal seiring dengan perubahan kondisi pasar.

Selain itu tujuannya juga untuk mengurangi risiko pada investasi semaksimal mungkin.

 

Tahapan Investor untuk Mendapatkan Portofolio Investasi dari Robo Advisor

Untuk mendapatkan portofolio investasi yang terbaik sesuai dengan teknologi ini, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh investor.

Berikut beberapa tahapannya.

 

#1 Mengisi Pertanyaan atau Survei Online

Anda harus menjawab beberapa pertanyaan atau survei agar sistem dapat mengetahui profil risiko Anda.

Tujuannya agar dapat memberikan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#2 Membuat Rekening untuk Memulai Investasi

Anda bisa membuat rekening pada platform investasi yang menyediakan fitur robo advisor untuk mulai investasi.

Rekening ini bisa diakses secara otomatis oleh robo advisor sehingga nasabah bisa mengoptimasi seluruh kegiatan investasi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Mulai Investasi? Saya Mau Berinvestasi Sekarang!

#3 Mengolah Data yang Terkumpul

Selanjutnya robo advisor akan mengolah data profil risiko yang sudah Anda isi. Robo advisor akan mengelola data tersebut berdasarkan algoritma.

 

#4 Robo Advisor Akan Merekomendasikan Portofolio yang Paling Cocok

Setelah robo advisor mengelola data nasabah, maka robo advisor akan memberikan rekomendasi portofolio.

Kemudian robo advisor juga bisa membeli produk-produk investasi yang direkomendasikan menggunakan uang yang disimpan di rekening investasi nasabah secara otomatis.

 

#5 Menyeimbangkan Portofolio

Keuntungan investasi dapat berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Apabila keuntungan investasi Anda nantinya tidak merata maka proporsi dalam portfolio investasi dapat berubah dan belum tentu masih optimal.

Oleh karena itu, robo advisor akan memantau dan menyeimbangkan portofolio tersebut secara berkala dan otomatis. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan keuntungan dan juga meminimalisir risiko.

 

Kelebihan Robo Advisor

Berikut ini beberapa kelebihan robo advisor yang membantu para investor.

 

#1 Kelebihan Robo Advisor, Biaya Lebih Rendah

Ada robo advisor yang mengenakan biaya berdasarkan presentase aset. Biasanya biayanya berkisar 0,15 – 0,5% dari seluruh aset investasi yang dimiliki.

Biaya tersebut relatif terjangkau karena perusahaan robo advisor tidak perlu menyediakan tenaga kerja untuk melayani investor secara langsung.

Apalagi jika dibandingkan dengan biaya yang digunakan ketika menggunakan jasa konsultasi penasihat keuangan.

 

#2 Meringankan Kegiatan Investasi

Anda tidak perlu mengawasi perubahan portofolio investasi Anda setiap saat ketika menggunakan robo advisor.

Karena tugas mengawasi perubahan portofolio Anda sudah bisa dilakukan oleh robo advisor sekaligus.

Baca Juga: Apa Itu Robo Advisor dan Bagaimana Cara Kerjanya?

#3 Lebih Efisien dan Praktis

Ketika Anda menggunakan robo advisor untuk mengatur portofolio Anda, maka dapat dikatakan lebih efisien daripada menggunakan jasa penasihat keuangan tradisional.

Karena biasanya jasa penasihat keuangan prosedurnya lebih rumit. Biasanya Anda perlu menelfon penasihat keuangan terlebih dahulu atau bertemu secara langsung untuk mengatur portofolio Anda.

Anda juga perlu menjelaskan kondisi keuangan saat ini, mengisi dokumen yang diperlukan, serta menunggu hasil konsultasi. Sedangkan dengan menggunakan robo advisor hal-hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik saja. Bahkan bisa dilakukan di mana sana.

 

#4 Rekomendasi Portofolio Lebih Tepat Sasaran

Akurasi portofolio dan produk investasi yang direkomendasikan bisa sangat tinggi dan bahkan mencapai 90% lebih dengan kecocokan kondisi keuangan dan kepribadian Anda.

Hal ini dikarenakan portofolio yang direkomendasikan berdasarkan data dari survei yang Anda isi.

Dengan begitu, investasi yang direkomendasikan oleh robo advisor dapat lebih aman dan menguntungkan.

 

Kekurangan 

Di balik berbagai kelebihan robo advisor, ada beberapa hal yang menjadi kekuranganya yaitu:

 

#1 Tidak Memiliki dan Memahami Emosi

Bekerja berdasarkan data eksak yang dimasukkan pada sistem saja. Dari data tersebut maka robo advisor akan menentukan portofolio sesuai kebutuhan.

Dengan begitu, ini cocok untuk Anda yang lebih suka mengelola investasinya sendiri namun ingin mengoptimasi portofolio investasinya.

Namun, jika Anda lebih suka interaksi dengan konsultan keuangan maka robo advisor kurang cocok dengan kebutuhan Anda. Hal ini dikarenakan robo advisor hanya sebuah mesin yang tidak memiliki dan memahami emosi.

Jadi hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau bersifat personal tidak bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Robo Advisor Ancam Keberadaan Profesional Pasar Modal

#2 Memiliki Sedikit Peluang untuk Mengalahkan Pasar

Dalam berinvestasi, banyak investor yang ingin memiliki keuntungan di atas pasar dan secar konsisten. Namun, untuk bisa mencapai tujuan tersebut diperlukan banyak keahlian dan penyesuaian portofolio.

Oleh karena itu, kegiatan investasi tersebut hanya bisa dikelola oleh manusia. Namun, ketika Anda berinvestasi menggunakan robo advisor, hanya ada sedikit peluang bahwa Anda akan mengalahkan pasar.

Mengapa demikian? Karena ini tidak dirancang untuk mengalahkan pasar, yang sebenarnya lebih bertujuan untuk memastikan bahwa portofolio Anda bekerja sesuai dengan pasar.

 

Berinvestasi 

Robo advisor dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan dalam berinvestasi bagi pemula.

Robo advisor dapat membantu Anda untuk mengoptimalisasi keuntungan dan meminimalisir risiko kerugian dari investasi berdasarkan profil risiko Anda.

Meskipun ada kelebihan robo advisor jangan lupa kalau ini pun memiliki kekurangannya. Jadi, sekalipun Anda menggunakannya, akan lebih baik, jika Anda terus upgrade diri untuk menambah pengetahuan dan belajar investasi.

Dengan begitu, Anda bisa mengelola investasi Anda dengan lebih optimal.

 

Jadi, apakah Anda berminat berinvestasi menggunakan robo advisor? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Siti Hadijah. 7 Juni 2021. Robo Advisor: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya dalam Investasi. Cermati.com – https://bit.ly/3hyAwZO
  • Admin. Apakah Robo-Advisors Worth It? 5 Alasan TIDAK Memanfaatkan Satu. Id.money-h.com – https://bit.ly/3hWEVVl

 

Sumber Gambar:

dilema besar

Leave a Reply

Back To Top