Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Buka Puasa Lifestyle Makanan Buka Puasa Makanan Buka Puasa Anti Diabetes Menu Buka Puasa Menu Buka Puasa Anti Diabetes ResepLeave a Comment on Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Yuk, cek 10 makanan buka puasa anti diabetes di sini biar kamu gak bosen makan yang gitu-gitu aja. Dijamin sehat dan lezat.

Bulan suci di tahun ini kebetulan berlangsung pada saat pandemik Covid-19 yang mengharuskan kita di rumah aja. Agar tidak bosan, yuk cari tahu 10 kreasi makanan buka puasa yang bisa kamu buat di rumah.

 

Rubrik Finansialku

 

Hindari Penyakit di Bulan Puasa

Saat sedang berpuasa, pastinya banyak ngidam makanan ini itu pada saat sahur ataupun berbuka puasa, tapi sayangnya kamu harus menjaga kesehatan saat bulan puasa.

Artinya, ada beberapa makanan sahur dan buka puasa yang perlu kamu hindari demi kesehatan. Kesehatan apa yang dimaksud?

Sebagai contohnya adalah diabetes. Seperti telah kita ketahui, banyak makanan pembuka puasa yang sifatnya manis. Misalnya saja kolak, kue-kue basah, cendol, bubur sumsum, dan masih banyak lagi.

Nah, tentunya di bulan puasa kali ini kita harus ekstra menjaga kesehatan. Terutama di saat pandemik Covid-19, di mana para tenaga medis sudah cukup kewalahan menghadapi pasien.

 

Makanan Buka Puasa Anti Diabetes

Menjelang bulan puasa, umumnya banyak resep makanan buka puasa yang bertebaran. Namun sayangnya kebanyakan resep tersebut tidak mempertimbangkan kondisi penyakit tertentu.

Nah, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan dan menghindari diabetes, yuk simak 10 makanan buka puasa anti diabetes berikut ini. Pastinya mudah dibuat di rumah.

 

#1 Kurma

Makanan buka puasa yang pertama adalah kurma. Kurma merupakan jenis buah musiman yang identik di kala bulan Ramadhan tiba. Umat muslim biasa mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa karena rasanya yang manis ini.

Buah asal Timur Tengah ini juga dikenal mengandung indeks glikemik sedang. Dengan demikian, mengonsumsi kurma saat buka puasa bisa jadi pilihan bagi para penderita diabetes.

Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

#2 Air Kelapa

Air kelapa bisa dibilang menu buka puasa paling cocok untuk penderita diabetes.

Selain rasanya yang cukup menyegarkan, air kelapa ternyata dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe dua dan pra-diabetes. 

Jadi, jangan ragu untuk menyeruput segelas air kelapa segar untuk berbuka puasa. Pasti menyegarkan dan juga sehat.

 

#3 Rumput Laut

Makanan buka puasa berikutnya adalah rumput laut. Bagi kamu penggemar makanan jepang, mungkin sudah familiar dengan rumput laut. Kabar baiknya, rumput laut ini juga merupakan menu buka puasa anti diabetes loh.

Rumput laut dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin. Khususnya rumput laut cokelat karena mengandung fucoxanthin yang dapat membantu kontrol gula darah.

 

#4 Yoghurt

Bagi kamu pecinta makanan penutup untuk berbuka puasa, jangan khawatir. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi olahan susu berupa yoghurt.

Pasalnya, yoghurt rendah lemak memiliki lebih sedikit gula dan banyak protein dibandingkan jenis lainnya.

Jadi, kamu bisa tetap menikmati makanan penutup yang nikmat saat berbuka puasa. Sajikan dalam keadaan beku atau dingin dengan topping buah, hmm pastinya nikmat.

Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

#5 Es Buah

Siapa bilang es buah harus selalu manis dan bisa menimbulkan diabetes? Yuk, konsumsi es buah sehat untuk berbuka puasa.

Kamu pasti tahu, kandungan buah-buahan yang terdapat dalam satu porsi sup buah ini mengandung cukup gula untuk mengganti energi yang telah hilang seharian.

Tipsnya, kurangi menambahkan gula atau susu kental manis berlebihan ke dalam es buah. Ganti dengan susu kedelai atau dengan yoghurt agar rasanya tetap nikmat.

 

#6 Pare

Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi pare itu pahit dan tidak nikmat untuk berbuka puasa. Namun pare mengandung zat antidiabetes bernama charantin yang berfungsi menurunkan gula darah, lho!

Kamu bisa memasaknya agar rasa pahit pare berkurang, jadi tetap nikmat disantap dan pastinya aman bagi kamu yang menderita diabetes.

 

#7 Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak merupakan alternatif menu buka puasa bagi kamu yang takut terkena diabetes. Selain mudah kamu temukan di pasaran, rasanya pun tetap nikmat dan menyegarkan.

Tipsnya, konsumsi tanpa menambahkan gula atau pemanis buatan yang berlebihan. Jika disantap tanpa gula akan jauh lebih baik.

Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#8 Kolak Sehat

Pengen banget makan kolak untuk berbuka puasa tapi takut diabetes? Tenang, ternyata kolak pun bisa diakali loh agar tetap sehat. Menurut dr. Juwalita Surapsari kamu bisa tetap mengonsumsi kolak meski menderita diabetes.

Syaratnya, konsumsi kolak sehat dengan isi yang lebih sehat dan sedikit kuah (dan sedikit gula). Isi kolak yang disarankan adalah kolang-kaling.

 

#9 Ikan Bakar

Makanan buka puasa ini dapat dibuat dari beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna yang mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, kamu bisa mengakali agar ikan diolah dengan lebih sehat. Misalnya saja dengan membakar ikan agar tetap rendah lemak dan nikmat.

 

#10 Teh Manis Gula Jagung

Penderita diabetes juga bisa berbuka puasa dengan teh manis dengan gula jagung, alih-alih menggunakan gula tebu.

Gula Jagung memiliki kalori yang lebih rendah dibanding gula tebu, serta kandungan fruktosa atau zat gula sederhananya yang serupa dengan jenis gula yang sering ditemukan di buah-buahan. 

Anti Diabetes! 10 Makanan Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat di Rumah 04 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Yuk Berpuasa dengan Sehat

Berpuasa memang menjadi kewajiban seorang umat Muslim di bulan yang suci ini. Dengan demikian, jangan biarkan penyakit menjadi salah satu penghambat dalam menunaikan ibadah puasa, ya.

Kamu juga bisa berolahraga ringan saat puasa, yang pastinya tidak akan membuat kamu batal. Simak apa saja olahraganya dalam video ini.

 

Yuk, mulai berpuasa dengan tetap menerapkan pola hidup sehat. Dijamin puasamu akan lebih sehat dan lancar!

 

Itulah beberapa makanan buka puasa anti diabetes yang bisa kamu buat di rumah. Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang masakan buka puasa anti diabetes lainnya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bandot Arywono. 24 April 2020. 5 Minuman Buka Puasa untuk Penderita Diabetes, Takjil Rendah Gula. Idntimes.com – https://bit.ly/2KYlOd7
  • Yunisda Dwi Saputri. 07 Mei 2019. 5 Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes, Tetap Sehat Saat Ramadan. Liputan6.com – https://bit.ly/3aTG7Db
  • Ayu Miftakhul. 07 Mei 2019. 7 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes agar Ramadan Tetap Sehat. Tribuntravel.com – https://bit.ly/3dePyyR
  • Putra Dewangga. 07 Mei 2019. 5 Menu Makanan Buka Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes, Kenyang Tapi Tak Menaikkan Gula Darah. Surabaya.tribunnews.com – https://bit.ly/2yaKIDW

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Buka Puasa 1 – https://bit.ly/3faGX1K
  • Makanan Buka Puasa 2 – https://bit.ly/3aVIfu8
  • Makanan Buka Puasa 3 – https://bit.ly/2VWs2AT
  • Makanan Buka Puasa 4 – https://bit.ly/2VU9QYv

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top