9 Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim, Bisa Banget Lho!

#FinansialkuPlanner Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim Gaji Minim Keuangan Mengatur Keuangan Mengatur Keuangan Meski Gaji MinimLeave a Comment on 9 Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim, Bisa Banget Lho!

9 Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim, Bisa Banget Lho!

Perencanaan keuangan hanya untuk yang bergaji besar? Eh, kata siapa? Ikuti cara mengatur keuangan meski gaji minim ini dan buktikan hasilnya!

Simak ulasannya di artikel Finansialku ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Cara Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim

Bingung cara mengatur keuangan karena gaji masih kecil?

Bagi seorang karyawan swasta mengatur keuangan atau gaji bukan suatu hal yang mudah, pasalnya kebanyakan gaji yang diterima hanya cukup untuk sebulan saja selebihnya jarang sekali tersisa.

Cara mengatur keuangan memang harus benar-benar kita pahami sehingga kita bisa memiliki tabungan masa depan.

Terkadang ada pertanyaan dalam diri kita kenapa uang selalu menipis, padahal setiap bulan gaji pun cukup besar?

Kita tau bahwa kebutuhan kian hari kian meningkat, akan tetapi jika kita selalu membeli barang yang kurang berguna tentu hal tersebut akan menguras lebih banyak lagi uang kita.

Cara Mudah Cek Kesehatan Keuangan Freelance 01 - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua WAJIB Mengajarkan Anak Supaya Bisa Mengelola Keuangan Sejak Dini]

 

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagai sedikit tips cara mengatur dan mengelola keuangan meskipun kita masih memiliki gaji yang masih sedikit atau minim.

Namun, perlu dicatat bahwa jika sobat Finansialku masih selalu mengutamakan keinginan ketimbang kebutuhan saya pikir hal tersebut tentu saja tidak bearti.

Mulai dari sekarang cobalah untuk mempertimbangkan kebutuhan yang harus dipenuhi dan keinginan yang hanya akan menghabiskan uang kalian.

Berikut adalah tips nya!

 

#1 Mulailah Untuk Menabung Meski Itu Cuma Sedikit

Setujukah bahwa kebanyakan dari kita pada umumnya lebih suka belanja dari pada menabung?

Cara mengatur keuangan meski gaji minim yang pertama adalah menabung!

Tabungan itu sangat penting karena sewaktu-waktu kita bisa dipecat dan mengalami kesusahan, nah tabungan inilah yang akan menolong kita saat membutuhkannya.

Tabungan adalah investasi yang sangat berarti di saat kita terdesak dan membutuhkan dana tambahan. Mulai dari sekarang menabunglah meski itu cuma Rp 5.000 per hari karena itu sangat berarti untuk masa depan kita.

Tips menabung ala Finansialku yang menguntungkan dan tidak tergerus inflasi adalah dengan menaruh tabungan yang telah dikumpulkan ke instrumen investasi yang likuid, contohnya adalah Reksa Dana Pasar Uang.

Saat ini, sobat Finansialku bisa menabung di reksa dana hanya dengan modal Rp 100 ribu saja. Ingin tahu lebih lanjut mengenai investasi di reksa dana, sobat Finansialku bisa membacanya dalam e-book gratis berikut ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

 

#2 Rincikan Setiap Barang Kebutuhan Yang Akan Anda Beli

Sebelum sobat Finansialku membeli barang kebutuhan, maka sebaiknya kalian merincikannya terlebih dahulu. Buatlah catatan kecil tentang pengeluaran selama sebulan penuh.

Sobat Finansialku bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang membantu pencatatan keuangan pribadi. Melalui aplikasi ini, kita juga bisa menganggarkan dana kita supaya arus kas tetap lancar.

Sobat Finansialku bisa mengunduhnya melalui ikon di bawah ini.

 

Dalam belanja juga sebaiknya harus cermat, carilah barang yang kira-kira lebih murah atau bisa juga mencari tempat yang menjual kebutuhan yang lebih murah ketimbang belanja di tempat yang ber AC, namun lebih mahal.

Syukur-syukur kalau ada tempat yang enak dan menjual kebutuhan dengan harga yang murah. Jika memungkinkan sobat Finansialku juga dapat mencari diskon-diskon di toko online.

 

#3 Lakukan Investasi

Untuk menjamin masa depan lebih baik, sobat Finansialku perlu untuk berinvestasi sejak dini.

Selain menabung, sobat Finansialku juga bisa berinvestasi. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, misalkan saja tabungan tadi kita belikan emas atau tanah, yang mana dari tahun ke tahun harganya semakin melejit jauh.

Jika tertarik untuk berinvestasi dengan risiko lebih tinggi, sobat Finansialku juga bisa melakukan investasi saham. Namun, investasi seperti ini membutuhkan pengetahuan yang baik dan benar agar tidak bangkrut.

Sobat Finansialku bisa mempelajari serba-serbi investasi saham dan cara berinvestasi saham yang baik dengan bergabung dalam Komunitas Saham Finansialku.

Dalam komunitas ini, sobat Finansialku bisa mengikuti webinar setiap bulan, berdiskusi dengan para ahli, mendapat testimoni dari sesama investor, hingga tips and trick berinvestasi saham.

Tertarik? Yuk klik tombolnya di bawah ini!

komunitas saham

 

#4 Mulailah Untuk Hidup Sederhana

Kita sering beranggapan atau mendengar bahwa orang kaya itu hidup dengan kemewahan.

Tapi tahukah bahwa ada beberapa orang terkaya yang masih saja hidup sederhana seperti salah satunya adalah pendiri Facebook, Mark Zukerberg memiliki gaya berpakaian yang sederhana, bahkan pernikahannya pun sederhana.

Nah, mulai dari sekarang cobalah untuk hidup lebih sederhana dan lakukan hal yang terbaik dalam hidup kalian.

 

#5 Tahan Diri Untuk Tidak Belanja Barang Mewah

Jangan pernah membandingan diri dengan orang lain dan jangan pernah pula ingin membeli sesuatu di luar kemampuan.

Jika dirasa barang tersebut mahal, namun tidak penting sebaiknya sobat Finansialku harus menghindarinya.

Kebanyakan orang yang gagal dalam bekerja adalah mereka yang selalu membelanjakan gaji mereka untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti berbelanja barang mewah, karaoke, club malam dan hal yang kurang penting lainnya.

 

#6 Pilihlah Tempat Tinggal yang Terjangkau

Jika sobat Finansialku masih ngontrak atau ngekos, lebih baik mencari tempat tinggal yang terjangkau.

Carilah kontrakan atau kos yang murah. Sekarang ini ada banyak aplikasi atau situs yang memungkinkan untuk mendapat informasi mengenai sewa kos yang sesuai kebutuhan dan budget.

Ini adalah cara cerdas untuk mengatur keuangan agar bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

 

#7 Bandingkan Transportasi Umum dan Pribadi

Apakah sobat Finansialku merupakan pengguna transportasi umum?

Jika iya, berapa biaya per bulan yang harus habiskan untuk transportasi tersebut?

Coba bandingkan dengan transportasi pribadi, misalkan kendaraan bermotor. Mana yang lebih murah?

Transportasi ini juga menjadi salah satu penyebab bengkaknya pengeluaran, tanpa disadari kita sudah membuang sekian persen gaji kita hanya untuk transportasi.

Oleh sebab itu, ke depannya, kita bisa menggunakan transportasi yang lebih irit sesuai dengan kemampuan dan keuangan kita.

 

#8 Hindari Utang yang Berisiko

Utang ini adalah penyakit finansial. Banyak orang yang gagal dalam berbisnis dan mengatur keuangan karena mereka terlibat utang yang non produktif.

Sebisa mungkin untuk menghindari utang yang berisiko. Jika sobat Finansialku berutang hanya untuk gaya, itu adalah kesalahan besar dalam berfinansial.

Terkecuali kamu berutang untuk investasi dan membangun bisnis. Pikirkan poin ini agar sobat Finansialku bisa mengatur keuangan lebih cerdas.

 

#9 Selalu Bersyukur

Hal yang tidak boleh kita lewatkan adalah selalu bersyukur. Karena sebesar apa pun penghasilan kita, kalau kita tidak bersyukur, maka semuanya menjadi sia-sia.

Akan tetapi, bagi mereka yang sering bersyukur, walaupun gaji mereka kecil segalanya terasa cukup dan enteng.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan bahagia dalam menjalani hidup ini.

 

Mengatur Keuangan Meski Gaji Minim? Bisa Kok!

Saya kira itulah cara sederhana untuk mengatur keuangan, meskipun gaji minim atau masih keceil. Selalu tingkatkan produktivitas agar sobat Finansialku mendapatkan kenaikan gaji.

 

Bagaimana tanggapan Sobat Finansialku mengenai artikel di atas? Yuk, berikan komentar pada kolom di bawah ini.

Bagikan juga tips bermanfaat ini pada rekan-rekan supaya tidak ketinggalan informasi!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Ican Mori, ordinary man yang memiliki passion di dunia bisnis, digital marketing, SEO, web development, dan blogging.

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top