6 Tips Bertahan di Tengah Pandemi

#FinansialkuPlanner Corona covid-19 Ibu Rumah Tangga Keuangan keuangan di tengah pandemi Mengatur Keuangan Tips Bertahan di Tengah PandemiLeave a Comment on 6 Tips Bertahan di Tengah Pandemi

6 Tips Bertahan di Tengah Pandemi

Banyak keluarga yang ekonominya turun drastis karena Covid-19. Moms, selamatkan keluargamu dengan tips bertahan di tengah pandemi ini.

Langsung saja baca selengkapnya di artikel Finansialku ini.

 

Rubrik Finansialku

 

6 Tips Bertahan di Tengah Pandemi

Virus corona atau Covid-19 yang sudah mewabah secara pandemik sangat meresahkan seluruh umat manusia. Banyak korban jiwa dikarenakan terinfeksi virus ini.

Pemerintah Indonesia sudah membuat peraturan untuk bekerja, belajar dan beribadah dirumah, serta melarang mudik ke kampung halaman pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini diterapkan guna memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. 

Adanya peraturan yang diterapkan pemerintah juga memberikan dampak bagi perekonomian keluarga.

Banyak anggota keluarga yang dirumahkan atau di PHK, banyak pengusaha gulung tikar karena tidak ada pemasukan.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri juga banyak keluarga yang sebenarnya memerlukan pendapatan tambahan untuk mengirimkan uang kepada keluarga di kampung.

Umumnya dalam sebuah keluarga, ibu adalah pengelola keuangan keluarga, sehingga peran ibu adalah Manajer Keuangan Rumah Tangga. Setujukah, Moms?

Oleh sebab itu, ibu harus tetap tenang dalam menghadapi situasi seperti saat ini.

Keuangan bagi banyak orang adalah hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Tapi perlu diketahui bahwa mengelola keuangan juga perlu pengetahuan agar ada keseimbangan pengeluaran dan pemasukan, juga untuk mengantisipasi pengeluaran yang tak terduga.

Menurut Rista Zwestika, CFP., sebagai seorang Certifed Financial Planner (CFP) Finansialku.com, membahas keuangan adalah satu hal yang sangat penting dan menjadi skala prioritas dalam rumah tangga.

“Dengan kondisi seperti saat ini yaitu pandemi Covid 19 yang masih belum tau kapan berakhirnya, maka pengelolaan keuangan keluarga sangat penting untuk dilakukan, kenapa? Karena banyak hal yanga akan menyebabkan pendapatan atau keuangan keluarga bisa menjadi berantakan bahkan bisa hilang dalam sekejap”, tutur Rista.

 

Karenanya, sebagai Manajer Keuangan Rumah Tangga, seorang ibu wajib melakukan antisipasi sehingga dapat bertahan ditengah kondisi seperti saat ini.

Menurut Rista, ada enam hal yang harus dipersiapkan agar tetap bertahan di tengah pandemi, yaitu;

Pertama membuat list atau daftar pengeluaran yang dibutuhkan saat ini.

Kedua adalah buatlah anggaran berdasarkan skala prioritas pengeluaran. Skala prioritas terdiri dari 3 kategori yaitu kewajiban, kebutuhan dan keinginan.

Hal ketiga yang harus dipersiapkan adalah anggaran yang tidak terpakai, contohnya seperti biaya transportasi pasti tidak digunakan karena work from home, dapat dialihkan menjadi dana darurat.

Dana darurat adalah dana yang digunakan pada waktu terdesak saja. Lalu kemudian, kurangi biaya konsumtif seperti berbelanja yang bukan kebutuhan pokik dan biaya hiburan lainnya.

Keempat adalah mencatat setiap pendapatan dan pengeluraran setiap hari. Kelima adalah disiplin dalam mengelola keuangan.

Dan yang terakhir adalah lihat peluang-peluang lain yang dapat menambahakan pendapatan, misalkan; jualan, menabung logam mulia, saham dan atau reksa dana.

Untuk lebih mahir mengatur keuangan rumah tangga, Moms perbanyak membaca artikel dan buku-buku mengenai keuangan, seperti artikel-artikel dalam website Finansialku.com ini.

Selain membaca artikel, Moms juga bisa membaca e-book gratis panduan mengatur keuangan keluarga dengan klik tombol di bawah ini.

Download Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

 

Finansialku dengan gigih akan terus memberikan literasi keuangan bagi seluruh kalangan masyarakat untuk mendukung pertumbuhan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Perkaya ilmu keuangan Moms melalui website, youtube, podcast, serta media sosial Finansialku; Instagram @finansialku_com dan twitter @finansialku.

Gunakan juga aplikasi Finansialku yang bisa membantu dalam mencatat, menganggarkan, mengkalkulasi, cek keuangan, hingga konsultasi gratis dengan para CFP.

Download aplikasinya dengan klik ikon berikut ini.

 

Moms, yuk jadi ibu yang bijaksana dalam mengelola keuangan keluarga khususnya di tengah kondisi yang tidak menentu ini! Bersama Finansialku, pasti bisa!

 

Punya tanggapan mengenai artikel ini? Moms bisa utarakan dalam kolom komentar di bawah. Jangan lupa sebarkan berita baik ini pada rekan-rekan sesama ibu rumah tangga lainnya.

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top