6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif

Karir Mengembangkan Mindset Mindset Pola Pikir Hebat Pola Pikir Manusia Pola Pikir PositifLeave a Comment on 6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif

6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif

Pola pikir manusia harus selalu berkembang karena manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan rasa ingin tahu yang besar.

Pola pikir positif adalah pola pikir yang kuat!

 

Rubrik Finansialku

 

Pola Pikir Manusia

Kita mungkin telah menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan memahami banyak hal juga melalui lintasan waktu untuk setiap tahap proses pembelajaran itu.

Lulus di akademi terbaik, dimentori oleh guru-guru berprestasi, mempelajari  biografi orang-orang hebat dan pada akhirnya adalah pencapaian kita sendiri dalam pengembangan diri.

Tidak ada yang bisa kita pastikan, segala hal masih  mungkin bisa terjadi, semakin buruk atau semakin baik ada banyak faktor penentunya.

Namun, salah satu yang perlu diingat, kita perlu menjaga pola pikir yang kuat. Kita menyadari dan mengendalikan realitas kita sekarang.

Ketika dunia seperti berputar-putar di luar kendali, pola pikir manusia yang kuat dapat mempertahankan rasa damai dan memberi kekuatan juga alasan akan masih adanya kemungkinan.  

Pertahankan pola pikir ini sebagai sebuah pelajaran penting lainnya agar kita semakin bijak menyikapi kehidupan.

 

Belajar dari Tokoh Dunia

Berpikir positif dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis kita. Pola pikir ini juga bisa membuat kita lebih menikmati hidup.

Namun, berpikir positif tidak selalu mudah dilakukan. Terkadang Anda malah membohongi diri Anda sendiri.  Anda menganggap segala sesuatunya baik-baik saja, walaupun sebenarnya Anda masih merasakan berbagai perasaan negatif.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda belajar mengembangkan pola pikir positif dari para tokoh dunia berikut ini.

 

#1 Oprah Winfrey

“Apa yang Anda fokuskan untuk berkembang? Saat Anda berfokus pada  kebaikan dalam hidup, Anda akan menciptakan lebih banyak dari hal itu.” – Oprah Winfrey

 

Oprah Winfrey tidak menutup-nutupi betapa ia sangat menjunjung rasa ucapan syukur. Tak terhitung banyaknya pertunjukan yang dibuat Oprah pada acara-acara televisinya dan dijaringan OWN miliknya sendiri.

Hidup didalam ucapan syukur atau hidup dengan bersyukur tidak henti-hentinya tidak mudah. Yang terjadi hal-hal tidak baik terjadi dan membuat orang mudah mempertanyakan mengapa ini dan itu terjadi kemudian lupa untuk mencari kebaikan yang ada dibaliknya.

6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif 01 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Pola Pikir Seperti Pola Pikir Pengusaha SUKSES dan HEBAT]

 

Mempertahankan rasa ucapan syukur bahkan untuk dimasa-masa sesak, meningkatkan mental dan ketahanan kita. Apa yang tidak membunuhmu, membuatmu semakin kuat.

Apa saja untuk melibatkan rasa mengucap syukur ke dalam hidup Anda? Mulai catatan kecil rasa terima kasih. Cara yang lebih sederhana, hal pertama di pagi hari dan tepat sebelum Anda pergi tidur di malam hari, ingatkan sesuatu yang Anda syukuri.

Jadikan itu kebiasaan. Bahkan di saat-saat terberat, jika berhenti untuk bersyukur dapat memiliki efek mendalam.

 

#2 Tony Robbins

“Tidak ada dalam hidup yang memiliki makna selain makna yang kita berikan.” – Tony Robbins

 

Tony Robbins mengingatkan kita bahwa apa pun yang terjadi di dunia luar kita, kita memiliki kekuatan untuk memberi makna padanya.

Ketika segala sesuatu tampak di luar kendali, kita dapat dengan mudah menyerahkan dan membuat pertahanan diri kita lemah sehingga pada akhirnya kita semakin terjerembab kedalam perasaan atau keadaan yang buruk.

Kita membiarkan rasa takut itu mengambil kendali dan kita lupa bahwa kita bisa memberi makna pada apapun.

Jika Anda terjebak dalam kesedihan dan membiarkan kondisi mengendalikan Anda saat ini, ingatlah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk memilih pemikiran baru, tindakan baru, cara dan solusi yang baru.

6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Caranya Menerapkan Pola Pikir Kritis?]

 

#3 Jen Sincero

“Beri makan rasa takutmu dengan sebuah sandwich yang dapat menyerapnya – Jen Sincero

 

Penulis Jen Sincero (You Are a Badass) seorang yang lucu juga berwawasan luas, mengingatkan kita bahwa kita memiliki kekuatan untuk memilih iman atau ketakutan.

Pilihan selalu terbuka jika Anda menyerah pada ketakutan Anda. Dalam masa perubahan, kita mudah memilih merangkak kembali ke dalam selimut kita dan menyamankan diri didalamnya.

Kita lebih suka untuk tidak menghadapi hari itu atau kita malah melihat ketakutan di mata kita sendiri lalu menantang diri bergerak maju dan tidak membiarkan ketakutan menghentikan kita dalam berusaha.

Hidup itu tentang pilihan. Pilih cinta dan iman daripada rasa takut Anda.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#4 Michael Bernard Beckwith

“Anda dapat berpikir keluar dari keadaan ini dan perhatikan hidupmu mulai berubah.” – Michael Bernard Beckwith

 

Michael Bernard Beckwith, pendiri dan direktur spiritual Agape International Spiritual Center, memberdayakan kita untuk berpikir di luar keadaan kita saat ini.

Beckwith mengajarkan bahwa Anda dapat menangkap sinyal di sekitar Anda atau Anda dapat mengirimkan sinyal dan membawa energi Anda sendiri ke dalam lingkungan Anda.

Lihatlah diri Anda sedang berada disisi lain dari keadaan dimana Anda berada sekarang.

6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif 03 - Finansialku

[Baca Juga: Begini 5 Ciri-ciri Orang yang Memiliki Pola Pikir Kreatif, Kamu Gimana?]

 

Kuatkan diri Anda untuk menjadi yang Anda inginkan dan ketahuilah bahwa di mana hidup Anda berada saat ini bukanlah dimana akan berada nantinya.

Anda bisa melewati apa saja, Anda hanya harus ingat untuk percaya pada diri sendiri dan kekuatan dalam diri Anda. Ini bagaikan Anda akan sedang menapaki mimpi-mimpi di hidup Anda.

Ingatlah pelajaran ini terlebih setiap kali keadaan menekan Anda, Kekuatan selalu ada di dalam.

 

#5 Bob Proctor

“Tidak ada masalah, Anda yang terlihat dipermukaan lebih hebat dari kekuatan di dalam Anda.” – Bob Proctor

 

Penulis dan pembicara terkenal Bob Proctor, sering menceritakan kisahnya sendiri di berbagai lokakarya dan seminar.

Ia berusia 26 tahun dan putus dengan pendidikan sekolah menengah selama dua bulan ketika mentor pertamanya memperkenalkannya pada buku “Think and Grow Rich” oleh Napoleon Hill.

Dalam 50+ tahun terakhir, ia tidak pernah berhenti mempelajari buku itu dan terus menjadi salah satu pembicara paling sukses di dunia dan pemimpin besar dalam industri pengembangan pribadi.

Kekuatan diluar Anda akan terus ditopang oleh kekuatan dalam diri Anda. Pelajaran yang hebat untuk tetap diingat adalah bukan hanya jika Anda percaya maka Anda bisa mencapainya tetapi juga agar tidak pernah berhenti belajar.

 

#6 Mel Robbins

“Keraguan Anda membuat gunung. Tindakan Anda memindahkan mereka. ” – Mel Robbins

 

Penulis Mel Robbins mengajarkan kita untuk segera mengambil tindakan. Sama seperti rasa takut, keraguan dapat merayap diwaktu Anda tidak mengharapkannya, terutama ketika berhadapan dengan ketidakpastian.

Dalam bukunya yang brilian “The 5 Second Rule” Robbins mengingatkan kita bahwa pada saat Anda memiliki naluri untuk bertindak, hitunglah mundur dari lima sampai satu dan lakukan yang menjadi goal Anda

6 Pelajaran Mengembangkan Pola Pikir Manusia yang Positif 04 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Pola Pikir Sukses Untuk Meraih Kesuksesan Anda]

 

Jika Anda membiarkan diri untuk duduk dan memikirkannya, Anda mungkin tidak akan pernah mengambil tindakan. Jika naluri Anda memberi tahu Anda bahwa ini adalah waktu yang tepat, entah itu berbicara dalam rapat atau  memulai bisnis baru.

Lima, empat, tiga, dua, satu, GO! dan ambil tindakan sekarang. Jangan menunggu! Sebab kesempatan selalu ada, hanya seringkali Anda terlalu lama menunggu waktu yang tepat.

 

Jangan sampai keadaan dan orang lain yang membuat pilihan atas kehidupan Anda. Keadaan sekarang akan segera menjadi masa lalu dan orang lain tidak pernah memiliki pilihan hidup yang sama.

Kerjakanlah yang baik dan berfokuslah pada hal-hal itu. Setiap kebaikan Anda akan selalu ada cacatnya, tetapi itu tidak mengurangi nilai kebaikan Anda.

 

Itulah pembelajaran pola pikir manusia yang positif dari berbagai tokoh dunia. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda agar bisa saling menciptakan pola pikir manusia positif lainnya. Terima kasih

 

 

Referensi:

  • Amy Kerman Gutzmer. 11 Mei 2020. 6 Lessons From Some of the Greats to Keep Your Mindset Strong. Addicted2success.com – https://bit.ly/30zaaOV

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir 1 – http://bit.ly/38C1NFV
  • Pola Pikir 2 – http://bit.ly/3qeK7WX
  • Pola Pikir 3 – http://bit.ly/3i95HJC
  • Pola Pikir 4 – http://bit.ly/3bwfhoI

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top