5 Menu Sahur Hemat yang Modalnya Gak Sampe Rp 75 Ribu

Hari Raya Menu Sahur Menu Sahur Hemat Ramadan Sahur Sahur HematLeave a Comment on 5 Menu Sahur Hemat yang Modalnya Gak Sampe Rp 75 Ribu

5 Menu Sahur Hemat yang Modalnya Gak Sampe Rp 75 Ribu

Ramadan akan tiba, yuk rencanakan menu sahur hemat!

Kenapa harus hemat? Biar bisa nabung mudik dan baju lebaran kan?

Jadi, yuk intip menu sahur hemat ala Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Puasa Seru dengan Menu Sahur Sehat

Memasuki bulan puasa, menu sahur hemat banyak dicari umat muslim untuk menekan pengeluaran.

Makanan yang dipilih tidaklah harus mahal, yang terpenting adalah makanan memiliki gizi yang seimbang agar tubuh kuat menjalani puasa di siang hari. Anda tidak harus berlebihan dalam menyiapkan makanan untuk sahur.

Namun, bagaimana jika Anda sedang berada di perantauan dan memiliki pekerjaan yang padat? Tentu akan sulit untuk memasak sendiri di rumah. Selain waktu, tenaga juga kadang-kadang tidak mencukupi.

Karena itu, Anda harus merencanakan makan sahur atau berbuka dengan hemat. Hal ini dapat dilakukan dengan memasak sendiri atau membeli menu hemat yang bernutrisi agar kebutuhan gizi selama puasa pun dapat terpenuhi.

 

Macam-macam Menu Sahur Hemat yang Bisa Dicoba

Saat sahur biasanya banyak orang yang malas untuk makan. Namun Anda tak perlu risau, karena dengan makanan yang banyak gizi, makan dengan jumlah sedikit pun dapat memberi energi yang cukup bagi tubuh. Berikut 5 macam menu sahur hemat yang harganya tidak sampai Rp 75 Ribu.

 

#1 Nasi Goreng

Menu yang satu ini sudah menjadi makanan khas warga Indonesia. Makanan ini membutuhkan bahan utama nasi, masakan ini tidak sulit untuk dibuat. Tambahkan 1 butir telur, ayam fillet yang sudah dipotong-potong, sosis, sayuran dan bumbu-bumbu lain sesuai dengan keinginan Anda.

Menu ini sangat murah meriah tidak sampai menghabiskan dana Rp 75 Ribu, tergantung bahan lauk apa yang Anda tambahkan.

 

#2 Mie Goreng Sarden Kombinasi

Hampir setiap orang menyukai mie. Anda bisa makan sahur dengan menu mie goreng dengan kombinasi sarden. Bahan utama yang dibutuhkan adalah mie telur. Pilih mie telur yang sesuai dengan kesukaan Anda.

5 Menu Sahur Hemat yang Modalnya Gak Sampe Rp 75 Ribu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Tambahkan telur, sayuran, ikan sarden dan bumbu tambahan lain agar rasanya lebih nikmat. Menu ini menghabiskan dana Rp 55 Ribu. Nikmati sajian ini dengan nasi putih yang hangat jika Anda penganut paham tanpa nasi makan belum kenyang.

 

#3 Lele Goreng Ala Penyetan

Pasti Anda sudah tahu nikmatnya makanan yang dijual di warung penyetan pinggir jalan. Menu ini dapat Anda siapkan untuk menemani sahur Anda. Siapkan lele dengan jumlah sesuai dengan anggota keluarga.

Anda bisa menyiapkan setengah atau 1 kg ikan lele.

Diamkan lele yang sudah ditaburi bumbu agar bumbu lebih meresap. Anda bisa menambahkan gorengan lain seperti tempe dan tahu untuk menemai menu lele Anda.

Tambahkan pula sayuran dan sambal tomat pelengkap menu ini. Sajikan dengan nasi putih yang hangat. Menu ala penyetan di bawah Rp 75 Ribu akan Anda dapatkan.

 

 

#4 Tumis Tahu Tempe Pedas

Menu ini sangat cocok bagi Anda yang suka pedas. Siapkan tempe dan tahu sebagai bahan utama. Agar gizi lebih lengkap tambahkan daging ayam, jamur dan sayuran dalam menu ini.

Anda perlu menyiapkan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, cabe dan kecap. Menu nikmat ini dijamin sangat murah dan hanya merogoh kocek sebesar Rp 60 Ribu saja, tergantung jumlah daging yang digunakan.

 

Sebelum lanjut ke makanan terakhir, simak video Finansialku ini!

 

#5 Sup kacang Merah

Makanan ini memiliki protein yang tinggi. Siapkan kacang merah segar, sayuran, dan bumbu tambahan yang dibutuhkan sebagai bahan utama. Anda dapat menambahkan daging ayam dan daging sapi agar gizi yang terkandung lebih tinggi.

Tidak perlu banyak, Anda bisa menambahkan masing-masing daging sebesar 200 gram saja sesuai dengan jumlah dana. Sup ini dapat Anda nikmati dengan modal di bawah Rp 75 Ribu.

 

Makan Sahur Hemat di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan bukanlah bulan yang mengharuskan Anda untuk menghambur-hamburkan uang. Anda bisa mencoba menu sahur hemat yang sudah dijelaskan di atas untuk meminimalkan pengeluaran Anda. Tanpa mengurangi nilai gizi, pilihlah menu sahur hemat yang sesuai dengan selera Anda.

Sudah siap memenuhi biaya selama Ramadan? Unduh dulu dong aplikasi Finansialku, supaya keuangan kamu selama Ramadan sampai lebaran aman lancar.

Download di Google Play dan App Store ya!

Jadi, menu apa yang paling menarik untuk Anda? Bagikan informasi seru ini pada teman-teman yang ingin berhemat selama Ramadan ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Mei 2018. Gak Sampai Rp 50 Ribu, 4 Menu Sahur Ini Bisa Jadi Pilihan Berpuasa Hemat. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3brsEUj
  • Ike Nofalia. 8 Mei 2019. Jurus Hemat Memasak Menu Sahur dan Menu Buka Puasa. Finansialku.com – https://bit.ly/3askMRc

 

Sumber Gambar:

  • Menu Sahur 01 – https://bit.ly/2Vr5doE
  • Menu Sahur 02 – https://bit.ly/2VrwlDZ

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top