5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal

Bisnis Bisnis Baru Bisnis Ramadan Hari Raya Ide Bisnis Baru Ide Bisnis Baru Saat Ramadan RamadanLeave a Comment on 5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal

5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal

Butuh ide bisnis baru saat Ramadan? Kamu bisa coba beberapa ide menarik ini untuk tambahan THR lebaran nanti!

 

RubrikFinansialku

 

Ide Bisnis Baru Saat Ramadan

Di bulan Ramadan yang penuh berkah, ada banyak hal yang bisa kita lakukan selagi menunggu bunyi Azan tiba. Gak melulu menjalankan ibadah puasa dengan lesu, kita bisa memanfaatkan waktu dengan menyenangkan.

Beberapa orang memilih dengan membuat masakan spesial untuk berbuka, yang lainnya mungkin masih beraktifitas seperti biasa. Tapi, bagaimana dengan ide untuk membuka sebuah bisnis?

Mungkin Ramadan tahun ini merupakan tahun terbaik bagi kamu yang sudah lama memimpikan bisnis pribadi. Entah sebagai sampingan, ataupun sebagai penghasilan utama. Kedua-duanya akan sama manisnya sebagai dana tambahan anda untuk mudik atau uang jajan saat Lebaran nanti.

Yuk simak beberapa ide ini!

 

#1 Pakaian

Ide bisnis baru saat Ramadan bisa dimulai dari pakaian. Berbisnis pakaian hampir tidak pernah ada matinya. Meskipun persaingan bisnis ini cukup ketat, kali ini tidak ada salahnya mencoba untuk merintis usaha untuk pakaian lebaran.

Lebaran identik dengan pakaian baru. Mulai dari baju dan celana, hingga sepatu dan tas. Kamu bisa memanfaatkan momen itu untuk berjualan barang-barang fashion yang berhubungan dengan Lebaran, seperti kaftan, sarung, baju koko, hingga mukena. Kamu bisa menjadi jasa dropshipper dengan menjualkan kembali barang dari toko, dengan begitu gak perlu keluar modal untuk stok membeli barangnya lebih dulu.

5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal 02

[Baca Juga: Fakta Unik Ramadan di Luar Negeri, Ada yang Puasa 17 Jam Lho!]

 

Kamu bisa juga membuka lapak di bazar-bazar, ataupun membuka toko online. Asalkan kamu pandai memilih barang dagangan yang sedang digermari. Bisnis yang satu ini dijamin bakal beri kamu untung banyak, mengingat banyak orang yang akan mencari item fashion itu.

 

#2 Kue Lebaran dan Katering

Kamu punya hobi memasak atau bikin kue? Kenapa gak coba untuk menjadikanny sebagai produk bisnis? Banyak orang yang memulai ide bisnis baru mereka berawal dari hobi dan berbuah manis.

Lebaran akan selalu dikaitkan dengan kue dan masakan. Entah masakan untuk menu berbuka ataupun kue dan makanan saat Lebaran nanti. Seperti sambil menyelam minum air, kamu bisa membuat menu masakan sahur sekaligus jadi peluang bisnis kamu.

Usaha dadakan katering untuk sahur ini akan diminati untuk orang-orang yang kesulitan untuk bangun atau yang tidak sempat menyiapkan makanan. Seperti orang kantoran, anak-anak kosan.

Gak perlu membuat masakan yang ribet, kamu cukup membuat masakan yang sederhana tapi lengkap dan berenergi untuk berkatifitas. Jangan ragu untuk menawarkan katering untuk menu favorit Lebaran nanti.

Selain itu, Kue Lebaran juga merupakan panganan khas lebaran yang tinggi peminatnya. Dengan melihat peluang ini, kamu pasti bisa meraih banyak keuntungan. Saat Lebaran tiba orang-orang akan menyiapkan hidangan kue kering di meja tamunya.

 

#3 Parcel, Kartu Ucapan dan Bunga

Selain berkumpul saat Lebaran dan saling bermaaf-maafan. Beberapa kegiatan yang sudah membudaya di masyarakat Indonesia adalah memberi THR untuk keponakan, mengirim parcel untuk keluarga atau teman kantor, juga mendekor rumah dengan bunga.

Jika kamu ingin hal yang berbeda, kamu yang berbakat dalam berkreasi dan dekorasi sangat cocok dengan ide bisnis ini. Kamu bisa menawarkan jasa-jasa yang berkaitan dengan kreatifitas kamu.

5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal 03

[Baca Juga: Jelang Ramadan: 5+ Persiapan Lebaran yang Wajib Dilakukan]

 

Jika kartu ucapan dan parcel lebaran yang dijual dipasaran bentuk dan desain nya itu-itu saja, kamu bisa membuka jasa parcel, bunga dan kartu ucapan yang anti mainstream dari kreasi kamu sendiri.

Bisa juga kamu menawarkan desain sesuai dengan permintaan pelanggan. Ajak teman-teman dan relasi kamu yang sudah terbiasa dengan bisnis ini untuk berkerja sama dan menggunakan jasa kamu. Dijamin deh, bisnis kreasi kamu yang unik dan keren akan diminati banyak orang.

 

#4 Dekorasi dan Dokumentasi

Gak jarang lho beberapa keluarga membutuhkan jasa ini. Bukan untuk membuat pesta besar-besaran, tetapi untuk mempercantik rumah dan menjamu tamu saat berama-tamah. Sekedar backdrop untuk menutup dinding, dekorasi meja hidangan dan meja makan sudah menjadi tren saat perayaan kecil-kecilan. 

Terlebih jika tamu lebaran adalah sanak keluraga yang sengaja datang dari luar kota atau mereka yang jarang bisa bertemu. Akan terasa sangat sayang untuk dilewatkan tanpa dokumentasi. Dengan kemampuan fotografi kamu, kamu bias mengabadikan momen lebaran sebagai ladang bisnis baru.

 

#5 Jasa

Ada berbagai jenis macam jasa yang bisa kamu tawarkan saat Lebaran. Mana yang paling pas buat kamu, coba cek dulu!

 

1. Jasa penitipan hewan peliharaan

Tidak semua orang senang membawa hewan peliharaan untuk pulang kampung. Selain karena aturan transportasinya, para pemudik juga harus siap sedia kandang dan berbagai perlengkapan lainnya.

Maka, menjelang Lebaran, bisnis jasa penitipan hewan peliharaan akan diperlukan. Buat kamu pecinta hewan dan kebetulan gak mudik, manfaatin kesempatan yang satu ini nih!

 

2. Jasa Sewa Mobil dan Jasa Supir

Daripada mobilmu nganggur di rumah, bisa kamu manfaatkan untuk jasa sewa mobil. Di musim Lebaran, selain banyak orang yang pulang ke kampung halaman, banyak pula orang yang berkunjung untuk berlibur. Peluang ini bias dimanfaatkan untuk membisniskan kendaraanmu.

5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal 04

[Baca Juga: Hanya Di Indonesia Lho! 15 Tradisi Unik Menyambut Ramadan]

 

Jadi supir pas mudik memang gak biasa, tapi ternyata banyak juga yang membutuhkannya. Bisa sekalian irit biaya mudik, tinggal cari saja orang yang searah dengan tujuan kamu. Atau bisa sekalian kamu satukan dengan jasa sewa mobilnya.

 

3. Jastip oleh-oleh

Sekarang ini sudah gak aneh banyak jastip atau jasa titip. Mulai luar negeri sampai dalam negeri. Daripada liburan lama di kampung halaman gak ngapa-ngapain, mudik kamu bisa sekalian dijadikan ladang usaha musiman dengan membuka jasa titip oleh-oleh khas daerah kamu.

 

4. Jasa tukar uang receh

THR atau amplop uang jajan untuk ponakan, sepupu, atau saudara jadi budaya tersendiri saat Lebaran. Biasanya di hari-hari menjelang Ramadan banyak orang yang mulai mencari uang-uang baru.

Jika penukaran uang di bank dibatasi dan seringkali kehabisan. Dengan sedikit usaha, kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk nambah uang THR kamu sendiri lho!

5 Ide Bisnis Baru Saat Ramadan yang Bikin Dompet Tebal 05

[Baca Juga: Metode Hisan dan Rukyat dalam Menentukan Awal Bulan Ramadan]

 

5. Jasa bersih-bersih rumah

Sementara banyak asisten rumah tangga yang mudik di musim Lebaran. Membuka jasa bersih-bersih rumah sebagai ganti mereka akan sangat menguntungkan.

Tidak perlu modal yang besar, kamu bisa merekrut orang-orang yang mau memanfaatkan waktu mereka untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu hanya perlu berkoordinasi dengan pemilik rumah dalam menentukan waktu yang pas untuk membersihkan rumah mereka.

 

Sudah Siap untuk Mencoba Ide Bisnis Baru Saat Ramadan?

Rupanya, asalkan ada kemauan dan niat. Ada banyak macam peluang dan ide usaha yang dapat dikerjakan. Asalkan halal dan ada itikad baik, semua usaha akan ada jalannya. Pundi-pundi rupiah pun akan bertambah seiring waktu. Selamat mencoba!

Sudah siap secara finansial untuk membuka bisnis baru? Tanyakan pendapat Certified Financial Planner dari Finansialku untuk mengetahui kesehatan keuangan kamu! Unduh aplikasinya di sini yaa..

 

Untuk kamu yang ingin tahu informasi seputar keuangan saat lebaran. Simak video ini yuk!

 

Bagikan informasi bermanfaat ini bagi rekan, sahabat, dan keluargamu yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar kamu di bawah ini untuk berbagi ide bisnis lainnya kepada sobat Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Maret 2019. 15 Ide Bisnis Ramadan Ini Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan. Shopback.co.id – https://bit.ly/2UrY1ry
  • Dewi Puri. 27 Mei 2019. Bisa Bagi-bagi Uang 5 Ide Usaha Ini Pas Dicoba Jelang Lebaran. Lifepal.co.id – https://bit.ly/33QzY94

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Ramadan 01 – https://bit.ly/3afDJpY
  • Bisnis Ramadan 02 – https://bit.ly/2KaT5S1
  • Bisnis Ramadan 03 – https://bit.ly/3cpDElh
  • Bisnis Ramadan 04 – https://bit.ly/34CrCCn
  • Bisnis Ramadan 05 – https://bit.ly/2yeXot5

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top