10+ Rekomendasi Film Islam Terbaik Sepanjang Masa (Part 1)

Entertainment Film Film Islam Terbaik Film Islam Terbaik Sepanjang Masa Film Tentang Islam Terbaik Nonton Film Rekomendasi FilmLeave a Comment on 10+ Rekomendasi Film Islam Terbaik Sepanjang Masa (Part 1)

10+ Rekomendasi Film Islam Terbaik Sepanjang Masa (Part 1)

Menunggu waktu berbuka puasa, yuk nonton film Islam terbaik sepanjang masa. Film apa saja? Simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

 

Rekomendasi Film Islam Terbaik

Film Islam dapat menjadi media pembentuk perspektif. Pasalnya, penonton akan mendapatkan sudut pandang humanis tentang Islam. Islam bukan soal terorisme seperti yang selama ini digemborkan media.

Justru, Islam itu indah. Hal ini justru yang membuat beberapa produser atau sutradara tergerak untuk membuktikannya. Berikut ini beberapa film Islam terbaik sepanjang masa yang dapat mengubah perspektif kamu terhadap Islam.

 

#1 Ali

Siapa yang tak kenal Muhammad Ali? Kisah legenda dunia tinju ini difilmkan dengan judul Ali. Film Ali buatan Hollywood ini diperankan oleh Will Smith sebagai Ali. Film ini mengambil sudut pandang kehidupan Ali selama 10 tahun dari 1964 sampai 1974.

Film Islam 1

[Baca Juga: 4 Cara Menghemat Uang di Bulan Ramadhan]

 

Dalam rentang waktu tersebut, Muhammad Ali melewati banyak rintangan sampai-sampai sempat dikeluarkan dari dunia tinju.

 

#2 Malmcolm X

Malmcolm X adalah seorang aktivis HAM berdarah Afrika-Amerika.

Film ini menceritakan sisi kehidupan Malcolm yang awalnya adalah seorang kriminal hingga akhirnya ia menjadi mualaf. Perkembangan Islam di dunia Barat pun ditunjukkan dalam film biopik ini.

 

#3 My Name Is Khan

Film Bollywood ada juga lho yang berbau Islami. Salah satunya, My Name Is Khan. Film yang satu ini mengangkat isu teroris. Dalam film ini pun banyak nilai tersirat mengenai muslim.

Diperankan oleh aktor terbaik Shahrukh Khan dan Kajol, film ini mendapatkan beberapa penghargaan. Bahkan, berhasil masuk dalam nominasi dalam berbagai festival film.

 

#4 The Kite Runner

Film produksi Hollywood yang satu ini diangkat dari novel berjudul sama, The Kite Runner karya Khaled Hosseini.

Berkisah tentang seorang remaja bernama Amir yang berasal Afghanistan. Amir yang tinggal di San Francisco teringat dengan masa kecilnya pada saat tinggal di Afghanistan.

Film Islam 2

[Baca Juga: Peluang Investasi di Bulan Puasa, Inilah Saham yang Berpotensi Naik di Bulan Ramadhan]

 

Keadaan yang kompleks karena terpecahnya bangsa Afghanistan membuat Amir harus berimigrasi ke berbagai negara.

Film ini akan membuat perasaanmu terombang ambing. Apalagi ketika menyaksikan persahabatan Amir dan Hassan. Jalan hidup yang mereka tempuh sangat berbeda.

 

#5 99 Cahaya Di Langit Eropa

Film Indonesia ini merupakan adaptasi dari novel 99 Cahaya Di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais.

Dalam film ini, kamu dapat mengetahui sejarah Islam di Eropa dan novel ini merupakan kisah nyata dari putri Amien Rais dan suaminya, lho.

Kisahnya sendiri mengangkat Islam dengan cara yang baik, tanpa kekerasan dan juga diselingi dengan keadaan sosial dan budaya sekitar.

 

#6 Persepolis

Persepolis merupakan film animasi yang diangkat dari sebuah graphic novel berjudul sama karya Marjane Satrapi.

Film ini bercerita tentang hidup seorang wanita Iran yang bernama Marjane Satrapi. Ya, ini adalah kisah nyata yang dialami penulisnya.

Konflik yang diangkat dalam film ini diambil dari perspektif kaum proletar di Iran. Mereka kebanyakan adalah orang-orang yang berhaluan kiri dalam memperjuangkan revolusi Iran.

 

#7 Sang Kiai

Jangan salah, film Indonesia yang satu ini sangat berkualitas. Buktinya, film ini masuk ke nominasi 86 Oscar, lho! Film Sang Kiai berkisah tentang sosok  K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu.

Tidak hanya menambah ilmu mengenai Islam, kamu juga akan mengetahui sejarah dan perjuangan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

 

#8 Fetih 1453

Fetih 1453 merupakan sebuah film aksi epik Turki. Film ini berdasarkan pada peristiwa-peristiwa menjelang Keruntuhan Konstantinopel (sekarang Istanbul) sampai Turki Ottoman pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II.

Film Islam 4

[Baca Juga: Inilah 7 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Pahami]

 

Kamu akan mengetahui sejarah Islam di Konstantinopel. Selain itu, kamu juga akan mengetahui bahwa sosok Fetih 1453 adalah sosok yang cerdas dan tak bisa dipandang sebelah mata.

Wajar jika Sultan Mehmed Al Fatih sangat diagungkan rakyatnya, bahkan sampai sekarang.

 

#9 Assalamualaikum, Beijing

Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia ini menceritakan perjuangan cinta segitiga antara Asma, Dewa, dan Anita. Jalan cerita dan latar belakang karakternya bisa membuat penonton terharu.

 

#10 Mencari Hilal

Dalam film Hilal, penonton akan menemukan makna Islam lebih dalam. Beberapa isu seperti masalah tradisi, pola pikir, hingga agama yang erat dengan kehidupan sosial turut dibahas. Hal ini akan mengubah perspektif terhadap Islam.

 

Nah… sekarang kamu sudah tahu film islam terbaik sepanjang masa, silakan di tonton, sambil menunggu waktu berbukamu.

 

 

Mungkin banyak juga teman kamu yang sedang mencari referensi film untuk menghilangkan kebosanan mereka, jadi kamu dipersilakan untuk share artikel ini ke banyak teman kamu ya…. 

Selamat menonton. Sampai bertemu di artikel Finansialku berikutnya, karena Finansialku mengulas banyak hal untuk kamu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rayi Dwitya Larasati. 9 Maret 2020. 15 Rekomendasi Film Tentang Islam Terbaik yang Menyentuh Hati. Bukalapak.com – https://bit.ly/2SpT8OE

 

Sumber Gambar:

  • Film Islam 1 – https://bit.ly/3fSQuuy
  • Film Islam 2 – https://bit.ly/2ApIssV
  • Film Islam 3 – https://bit.ly/3cz5NXt
  • Film Islam 4 – https://bit.ly/2WvU8mw

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top