10 Negara Dengan Sistem Pendidikan TERBAIK Di Dunia

belajar ke luar negeri dana pendidikan FW022020 Kuliah Ke Luar Negeri Negara Sistem Pendidikan Terbaik Sistem Pendidikan Sistem Pendidikan Terbaik Studi di Luar Negeri Tujuan KeuanganLeave a Comment on 10 Negara Dengan Sistem Pendidikan TERBAIK Di Dunia

10 Negara Dengan Sistem Pendidikan TERBAIK Di Dunia

Jika Anda ingin belajar ke luar negeri, maka Anda harus belajar ke negara dengan sistem pendidikan terbaik ini.

Disimak yuk…

 

Rubrik Finansialku

 

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Ada yang lebih menerapkan praktik dibandingkan teori, ada yang lebih memilih cara informal dan lain sebagainya. Cara masing-masing negara memang berbeda, namun tujuannya sama, yaitu untuk meningkatkan sistem pendidikan bagi anak bangsa.

Di bawah ini merupakan daftar 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia (secara tidak berurutan).

 

#1 Sistem Pendidikan Terbaik di Finlandia

Pasti Anda bingung, bagaimana negara di Eropa Utara ini mampu masuk dalam 10 negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Padahal Finlandia sendiri menggratiskan biaya pendidikan. Selain itu, murid tidak diharuskan mengenakan seragam dan mereka tidak memiliki Ujian Nasional.

 

 Kuliah di Luar Negeri 5

[Baca Juga: 3 Fakta Penting Dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan Kuliah di Luar Negeri]

 

Dapat dibilang suasana pendidikan di Finlandia tergolong informal dan santai. Namun, hal tersebut justru membantu Finlandia menjadi salah satu negara yang memiliki pendidikan terbaik di dunia. Mereka telah menerapkan kecintaan membaca sejak usia dini. Selain itu, seleksi guru pun dilakukan dengan sangat ketat.

 

#2 Korea Selatan Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Beralih ke negara Asia, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menduduki peringkat 10 teratas pendidikan terbaik di dunia. Tingkat literasi Korea Selatan adalah 97,9% dengan komposisi perempuan 96,6% dan laki-laki 99,2%.

Salah satu faktor utama adalah kecanggihan teknologi. Korea Selatan tercatat sebagai negara pertama yang menyediakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi untuk proses belajar mengajar siswa di sekolah dasar, menengah dan atas.

 

#3 Jepang juga Negara Dengan Sistem Pendidikan tebaik 

Siapa yang tidak tahu bahwa Jepang memiliki pendidikan yang berkualitas tinggi. Dapat dilihat dari ketekunan dan ketaatan para penduduknya dan kerja keras mereka untuk kembali membangun Jepang setelah Perang Dunia.

Kuliah di Luar Negeri 1

[Baca Juga: Info Beasiswa: Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)]

 

Bangsa Jepang juga terkenal sangat menghargai tradisi dan menghargai pentingnya pendidikan bagi anak. Tidak heran dengan kontribusi ekonomi, teknologi dan politik yang kuat, Jepang mampu menduduki peringkat 10 negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

 

#4 Kanada

Pemerintah Kanada mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk anggaran pendidikan setiap tahunnya. Selain itu, pemerintah pusat Kanada juga mewajibkan pemerintah daerah untuk bertanggung jawab atas sistem pendidikan masing-masing daerah.

Biaya pendidikan di Kanada pun cenderung lebih rendah dibandingkan dengan negara Eropa dan Amerikan Utara lainnya. Salah satu faktor yang turut mendukung kualitas pendidikan di negara tersebut adalah kestabilan politik. Hal tersebut membuat Kanada menduduki peringkat tinggi dalam Global Peace Index dan Human Development Index PBB.

 

#5 Selandia Baru

Negara yang letaknya tidak jauh dari Indonesia yang satu ini ternyata memiliki predikat 10 pendidikan terbaik di dunia. Hal ini diambil berdasarkan indeks pendidikan yang diumumkan oleh Human Development Index pada tahun 2008. Salah satu kunci Selandia Baru mendapatkan gelar ini adalah menggratiskan pendidikan mulai dari anak usia 6 hingga 16 tahun.

 

#6 Singapura, Negara Tetangga dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Tidak heran lagi bila negara tetangga Indonesia ini memiliki predikat pendidikan terbaik di dunia. Kualitas pendidikan di Singapura fokus pada pengembangan pendidikan dasar dan teknologinya pun sangat maju.

Kuliah di Luar Negeri 3

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Dapat dilihat beberapa universitas di Singapura seperti Nanyang Techonological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS) yang menduduki peringkat universitas terbaik di Asia dan 13 besar di dunia.

 

#7 Belanda

Kembali ke negara Eropa, Belanda menjadi salah satu negara dengan 10 pendidikan terbaik di dunia. Melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan (Menteri Marja van Bijsterveldt), pemerintah Belanda mewajibkan seluruh guru untuk lulus tingkat sarjana.

Hal ini berlaku untuk seluruh tenaga pendidik dari taman kanak-kanak hingga sekolah lanjutan atas. Selain itu, Belanda juga memberikan tunjangan bagi bayi sejak lahir dan anak yang tinggal di Belanda, serta tunjangan pendidikan kepada murid-murid (sekolah khusus, umum, kejuruan) dan mahasiswa.

 

#8 Inggris

Tahukah Anda Universta Oxford yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia tersebut berada di Inggris? Inggris merupakan salah satu negara dengan jumlah universitas terbaik dunia yang cukup banyak.

Di Inggris, sistem pendidikannya lebih menekankan pada praktek daripada teori. Di negara tersebut Sekolah Dasar diperuntukkan untuk anak usia 5 sampai 10 tahun dan berlangsung dalam kurun waktu kurang lebih 6 tahun.

 

#9 Rusia

Betul, Rusia merupakan salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Rusia fokus pada persiapan murid untuk dapat langsung terjun ke lapangan pekerjaan.

Selan itu, Rusia pun memiliki perbandingan guru dan murid yang cukup baik. Jika diangkakan, perbandingan guru dan murid di Rusia adalah 1:9, yaitu terdapat 1 guru untuk 9 murid.

 

#10 Hong Kong

Terakhir adalah Hong Kong. Sistem pendidikan di Hong Kong mengadaptasi model pendidikan Inggris. Tidak heran Hong Kong merupakan salah satu negara Asia dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Literasi penduduk Hong Kong mencapai 94,6%, sebuah persentase yang cukup besar. Jumlah anggaran pendidikan yang disiapkan oleh pemerintah Hong Kong cukup tinggi. Selain itu, kurikulum pendidikan mereka sangat berbasis fakta dan praktikal untuk dunia kerja.

 

Tentukan Negara Pilihan Anda

Jadi dari sekian banyak negara yang memiliki predikat sistem pendidikan terbaik di atas, ke negara mana yang akan menjadi negara tujuan pendidikanAnda? Belajar ke luar negeri itu banyak keuntungannya, itu benar banget. Jadi tentukan pilihan Anda. 

Baiklah kita sudah sampai di akhir artikel ini. Karena Anda sudah membacanya sampai selesai pasti Anda sudah menentukan negara pilihan Anda, boleh donk tim finansialku juga tahu negara mana yang akan Anda pilih.

Tulis di kolom komentar ya, dan mungkin di luar sana banyak rekan, teman dan saudara Anda yang juga sedang berencana untuk melanjutkan studi di luar negeri silakan Anda bagikan artikel ini untuk mereka, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Suci Wu. 3 Februari 2018. 10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. Idntimes.com – https://bit.ly/37JjYYs
  • Admin. 5 Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia. Ican-education.com – https://bit.ly/2Bk0Xzp

Sumber Gambar

  • Kuliah di Luar Negeri 1 – https://bit.ly/2Z2u6rc
  • Kuliah di Luar Negeri 3 – https://bit.ly/2A1Ztd3
  • Kuliah di Luar Negeri 4 – https://bit.ly/3hU2Bc5
  • Kuliah di Luar Negeri 5 – https://bit.ly/2Z5Mek7

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top